Gubernur: Siapkan Anggaran 30-50 Miliar

TANGGAP DARURAT KARHUTLA

 

PALANGKA RAYA - Dengan ditetapkanya status tanggap darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Gubernur Kalteng Sugianto Sabran meminta Sekdaprov Kalteng sebagai Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Kalteng untuk menyiapkan dana Rp30-50 miliar.

 

Diungkapkannya, untuk siaga darurat Karhutla kita siapkan anggaran dari Pemerintah Provinsi sebesar Rp20 miliar. Itu baru status siaga, dianggarkan dari Pemprov Kalteng. Dengan ditetapkannya status tanggap darurat Karhutla saat ini, diminta kepada Sekdaprov Kalteng, sebagai Ketua TAPD Provinsi Kalteng untuk untuk kembali siapkan dana sebesar Rp30-50 miliar.

 

"Pak Sekda, siapkan dana Rp30-50 miliar, kalau terjadi hal-hal yang luar biasa," ujar Sugianto yang juga sebagai Komandan Penanganan Darurat Bencana, saat memimpin rapat tindaklanjut penentapan status Tanggap Darurat Karhutla, di Aula Eka Hapakat, lantai 3 Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (19/9).

 

Untuk tanggulangi Karhutla di daerah ini, dia juga sudah menyurati Presiden RI, mengenai permohonan permintaan alat pemadam kebakaran.

 

Selain itu, ujar Sugianto, kita juga ada Dana Bagi Hasil Dana Reboisasi (DBH-DR), untuk Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalteng, dari anggaran tersebut, juga akan digunakan untuk membeli peralatan pemadam kebakaran. Untuk itu dia meminta Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Provinsi Kalteng untuk menindaklanjutinya.

 

"Nanti kita akan membeli peralatan yang memadai," ujar orang nomor satu di Provinsi Kalteng tersebut.(Sumber DPRD Prov. Kalteng, dkw)

0 komentar :

Tinggalkan komentar: