Rapat Evaluasi Penanganan Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di WIlayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2019

Pada Hari Senin 4 November 2019 di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalimantan Tengah diadakan Rapat Evaluasi Penanganan Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2019 dan Strategi Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Penanganan Darurat Bencana Karhutla Tahun 2020. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Gubernur Kalimantan Tengah dan dihadiri beberapa Kepala Daerah (Bupati/Walikota), Kepala Dinas dari Instansi Terkait, dan seluruh pihak yang terkait dengan kegiatan Penanganan Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah. Dari Kegiatan ini menghasilkan Komitmen Bersama Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Penanganan Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020 yaitu :

1. Memperkuat upaya pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi kebakaran hutan dan lahan yang dimulai sejak bulan Januari 2020, antara lain : Sosialisasi dan Penyadartahuan bahaya kebakaran hutan dan lahan, Peningkatan Kapasitas Personil, Peningkatan Kapasitas Peralatan, Patroli, Deteksi Dini, Pemadaman dini dan upaya-upaya lainnya.

2. Memantapkan mekanisme penanganan darurat kebakaran hutan dan lahan sehingga penetapan status keadaaan darurat mulai dari siaga darurat, tanggap darurat dan transisi darurat dapat dilakukan secara tepat, melalui : Pembuatan pedoman penetapan status keadaaan darurat bencana kebakaran hutan dan lahan di wilayah kabupaten/kota, Pemantapan sistem komando penanganan darurat bencana, Pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat terancam dan terdampak dan upaya-upaya lainnya.

3. Mengalokasikan anggaran yang memadai untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan baik itu melalui anggaran murni maupun anggaran darurat.

4. Memantapkan sinergitas pemangku kepentingan antara pemerintah, lembaga usaha (perkebunan, kehutanan, pertambangan dan lembaga usaha lainnya), masyakarat/kelompok masyarakat, akademisi/peneliti dan media

untuk Dokumen Komitmen Bersama Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Penanganan Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020 dapat diunduh pada link berikut : https://is.gd/61oJsR

0 komentar :

Tinggalkan komentar: