Pengelolaan Hasil Lahan Gambut Bernilai Ekonomi

Palangka Raya-Peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Kalimantan Tengah diharapkan mampu menekan seminim mungkin agar kejadian kebakaran hutan dan lahan tidak terjadi. Adanya sebuah kebiasaan membersihkan lahan dengan cara di bakar di masyarakat dianggap hal yang biasa saja. Dari beberapa alasan mengapa masyarakat membuka lahan dengan cara di bakar, meraka beralasan, pembukaan lahan dengan cara dibakar adalah karena cara tersebut lebih mudah, membutuhkan biaya yang lebih murah dan dianggap dapat meningkatkan… Baca Selengkapnya..

Penyaluran Bantuan Untuk Masyarakat Terdampak Banjir di Kecamatan Sanaman Mantikei Kabupaten Katingan

Palangka Raya–Gunernur Kalimantan Tengah H. Sugianto SabranBaca Selengkapnya..

Mengolah Tanah Gambut Menjadi Subur Tanpa Dibakar

Palangka Raya-Salah satu cara pencegahan kebakaran hutan dan lahan adalah melakukan pendekatan dengan masyarakat pemilik lahan atau kebun. Memberdayakan lahan yang sudah ada untuk ditanami dan budidaya berbagai jenis buah-buahan dan sayur-mayur yang dapat menunjang ekonomi keluarga  merupakan alternatif penyelesaian masalah, lahan gambut yang secara teknis dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian tanaman pangan.

Baca Selengkapnya..

Bencana Covid-19, Karhutla dan Banjir

Palangka Raya - Berdasarkan hasil Kajian Resiko Bencana (KRB) di Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2015 (Periode 2016-2020), Kajian yang dilaksanakan menghasilkan 9 (Sembilan) jenis ancaman bencana di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah yaitu bencana banjir, banjir bandang, cuaca ekstrim, epidemi dan wabah penyakit, gelombang ekstrim dan abrasi, gempa bumi, kebakaran hutan dan lahan, kekeringan, dan tanah longsor, dan mungkin masih terdapat jenis bencana lain di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah yang belum dikaji. Dengan seringnya terjadi bencana akan menyebabkan korban dan kerugian yang besar serta dampak yang berkepanjangan, sehingga suatu… Baca Selengkapnya..

Kesadaran Masyarakat Pemilik Lahan dan Kebun

Palangka Raya-Penanganan kebakaran hutan dan lahan melalui upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, yang dikoordinir oleh  pemerintah daerah dengan melibatkan peran serta masyarakat terus diupayakan, dengan melakukan pendekatan sosialisasi dan edukasi secara langsung ke masyarakat untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam mencegah kejadian kebakaran hutan dan lahan. Peningkatan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan dampak kebakaran hutan dan lahan seperti pemanfaatan lahan gambut khususnya untuk kebun tanaman budidaya buah-buahan… Baca Selengkapnya..