Satgas Penanganan Bencana Karhutla Siap Mengahdapi Musim Kemarau

Palangka Raya - Sejak diaktifkannya Posko Satuan Tugas Penanganan Darurat Bencana, personil yang tergabung dalam keposkoan melaksanakan  Briefing  pada Selasa (14/7/2020) pagi pukul 08.00Wib dan Rat Perencanaan pukul 14.00Wib, diikuti perwakilan dari Korem 102/PP, Polda, Dishut, DLH, Dinsos, Orari, BMKG, BKSDA, Kelurahan Bukit Tunggal, Satuan Polisi Pamong Praja, BPBPK,  Forum Pengurangan Resiko Bencana dan Forum PPI dan KLH Kalteng. Briefing Pagi dan Rapat Perencanaan ini, membahas kegiatan dan langkah-langkah strategis yang akan diambil dan dilaksanakan oleh Satgas PDB yang tergabung dalam Bidang Kesekretariatan, Bidang Perencanaan, serta Bidang Operasi  yang terdiri dari Satgas Doa, Pencegahan dan Mitigasi, Satgas Pemadaman Darat, Dan Satgas Pelopora dan Data.

 

Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Tengah H. Darliansjah melalui Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Pencegahan  Kibue yang juga selaku Kepala Bidang Perencanaan dalam Keposkoan mengatakan bahwa status kita sekarang masih dalam lingkup kesiapsiagaan, yaitu melakukan Pencegahan dengan pendekatan preventif ke masyarakat terutama para pemilik lahan, berupa sosialiasi,  edukasi dan penyadartahuan tentang dampak negatif Karhutla, serta disampaikan juga isi dari Maklumat KAPOLDA Kalteng tentang Sanksi Pidana terhadap Pembakaran  Hutan dan Lahan Tahun 2020. Dalam Posko Satuan Tugas Siaga Darurat Karhutla, agar semua elemen masyarakat saling bersinergi, mencegah agar tidak terjadinya Karhutla seperti tahun sebelumnya, para personil dan relawan sudah siap bekerja sama dalam upaya pencegahan terjadinya Karhutla.

 

Disamping itu Erlin Hardi selaku Kabid Darurat dan Logistik menambahkan bahwa Satgas PDB Karhutla siap menghadapi dan mengantisipasi terjadi Karhutla baik dari segi kesiapan personil/sumber daya manusia, logistik dan peralatan dan dukungan dana.

 

“Setiap hari kita memantau informasi prediksi terjadinya kemarau dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalteng, terjadinya kemarau diperkirakan pada akhir bulan Juli-Agustus. Sementara ini sudah ada 4 Kabupaten dan Kota yang sudah menetapkan Status Siaga Karhutla Tahun 2020 yaitu Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Barito Selatan, Barito Timur dan Kota Palangka Raya," ucapnya. (PKY/DewiS/Foto:DewiS)

0 komentar :

Tinggalkan komentar: